• Tugas 13.12.2017

    Dari wawancara yang kami lakukan kami mendapatkan beberapa poin-poin penting tentang keadaan dan kondisi tentang kehidupan beragama yang ada di Indonesia,

    • Kondisi kerjasama antaragama sudah sangat baik dan didukung oleh pemerintah dan UU.
    • Sebenarnya toleransi perbedaan agama di Indonesia sudah dipraktekan oleh banyak orang dalam skala kecil secara tidak sadar. (skala besar juga ada)
    • Kebenaran seseorang dalam menganut agamanya adalah hal yang personal dan tidak dapat diketahui secara memantau
    • Untuk mengetahui apa penyebab dan solusi untuk menghentikan tindakan anarkis kita perlu mengerti dan mempelajari apa  yang pelaku tindakan anarkis ingin capai.

     

    Pada bagian akhir wawancara, Biksuni Bhadrasatyani berpesan “Koreksi Diri Sendiri, perhatikan diri saya sendiri.. sejauh mana anda toleransi kepada orang lain.. Intinya mulai dari diri sendiri.”

    Kesimpulan akhir yang dapat ditarik adalah untuk mendapati kehidupan beragama yang damai dan saling menghargai diantara banyaknya perbedaan dan tantangan, kita perlu mulai perubahan dari diri kita sendiri. Kita yang usahakan mulai perubahan, diri kita sendiri yang mulai untuk mempraktekan toleransi akan perbedaan yang ada, kita sendiri yang mulai menghargai orang lain dan menghormati perbedaan antar kepercayaan kita. semua perubahan kecil dari diri sendiri, maka nantinya kita dapat merubah orang lain dan menjadi contoh untuk perubahan yang besar.

     

    Posted by william aprilio @ 8:31 pm

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *